Jumat, 09 Agustus 2013

Pemerintah Tetapkan Kamis Besok Hari Raya Idul Fitri 1434 H




MKKMPost 7/8/2013 - Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013. Keputusan itu diambil setelah melalui proses sidang Isbat yang berlangsung sekitar dua jam.

"Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirrohim, kami tetapkan bahwa tanggal 1 Syawal 1434 Hijriah adalah bertepatan dengan hari Kamis 8 Agustus 2013," kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Gedung Kemenag, Jakarta, Rabu 7 Agustus 2013.

Suryadharma yang memimpin langsung sidang Isbat itu mengatakan kesimpulan itu juga berdasarkan informasi yang pihaknya terima sejak sore tadi. Ia menjelaskan laporan-laporan data hisab yang dihimpun, ijtimak menjelang Syawal terjadi pada hari Rabu 7 Agustus 2013, pukul 16.51 WIB.

"Hari ini, bertepatan dengan 29 Ramadan 1434 Hijriah di seluruh Indonesia posisi hilal 2 sampai dengan 3,8 derajat," ujarnya.

Suryadharma melanjutkan pertimbangan kedua adalah laporan rukyah menyatakan berhasil melihat hilal dan disampaikan kepada panitia sidag Isbat di berbagai wilayah di Indonesia seperti Fak-fak, Papua Barat, Makassar, Gresik, Pantai Alam Indah Jawa Tengah, dan lainnya.

"Dan semua yang rukyah disumpah di tempatnya masing-masing. Oleh karena itu, izinkan saya menyimpulkan tanggal 1 Syawal 1434 Hijriah jatuh pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2013," tuturnya.

Kemenag menggelar sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal dengan mengundang 35 ormas Islam seluruh Indonesia. Hadir dalam sidang antara lain utusan dari negara-negara tetangga seperti Arab Saudi, Palestina, Malaysia dan lainnya.

Namun, salah satu ormas besar Islam Indonesia, Muhammadiyah, tidak hadir. Muhammadiyah sendiri sudah menetapkan 1 Syawal pada Kamis 8 Agustus 2013 jauh-jauh hari sebelumnya. (VivaNews-yas)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Ingat, yang terpenting dari Ujian Nasional Berbasis Komputer bukanlah lomba untuk meraih peringkat yang tertinggi. Melainkan sebuah tes yang dilakukan untuk membuat tolak ukur KEJUJURAN atas kemampuanmu sendiri untuk melangkah ke jenjang pendidikan serta karir yang lebih tinggi: Mutiara MKKM MTs Surabaya